Sujud Shalat

Sujud Shalat : Syarat dan Bacaan Doa Sujud yang benar.

Sujud merupakan rukun fi’liah dalam shalat, sehingga meninggalkan sujud maka shalat tidak sah. Lebih dari itu, sujud shalat merupakan momentum hamba dan Tuhannya begitu dekat. Melakukan sujud dengan benar membuat shalat lebih sempurna, baik gerakan posisi dan bacaannya sudah semestinya kita ketahui ilmunya.

Syarat Sujud dalam Shalat

Secara defenisi, sujud merupakan gerakan turun dan condong, ini menurut bahasa. sedangkan menurut syara’, sujud ialah menempelkan dahi orang yang salat pada tempat sujudnya.

Termasuk dalam rukun fi’liah, sujud juga memiliki beberapa syarat dalam pelaksanaannya. Mengutip penjelasan Syekh Salim bin Sumair al-Hadhrami dalam kitabnya safiyatun naja. Ada 7 syarat sujud yang harus dipenuhi. Ke 7 syarat sujud dalam kitab tersebut Hijaiyyah.com sampaikan dalam uraian berikut ini beserta penjelasannya menurut Imam Nawawi :

1. Bersujud diatas tujuh anggota badan

7 anggota badan yang dalam pelaksaan sujud adalah : kening, kedua tangan, kedua lutut, dan kedua telapak kaki. 7 anggota sujud ini mengambil dari hadits Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari :

ุฃูู…ูุฑู’ุชู ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽุจู’ุนูŽุฉู ุฃูŽุนู’ุธูู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฌูŽุจู’ู‡ูŽุฉูุŒ ูˆูŽุฃูŽุดูŽุงุฑูŽ ุจููŠูŽุฏูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ููู‡ู ูˆูŽุงู„ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ููƒู’ุจูŽุชูŽูŠู’ู†ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุทู’ุฑูŽุงูู ุงู„ู‚ูŽุฏูŽู…ูŽูŠู’ู†ู

Artinya: โ€œSaya diperintah untuk bersujud di atas tujuh anggota badan, yakni dahiโ€”sambil tangan beliau menunjuk pada hidungnya–, kedua tangan, kedua kaki, dan ujung-ujung telapak kaki.โ€

(HR. Imam Bukhari)

2. Kening dalam keadaan terbuka

Syarat sujud kening dalam keadaan terbuka maksudnya adalah ketika sujud tidak boleh ada sesuatu yang menutupi kening. Terkecuali ada udzu, misalnya perban yang bila dilepas akan berbahaya atau alasan tertentu, semisal ada rambut yang tumbuh dibagian kening.

3. Bertumpu pada kepala

Dr. Mustafa al-Khin dalam kitabnya al-Fiqhul Manhaji memberikan gambaran bertumpu pada kepala, yaitu bagian kening dengan manakala bersujud diatas kapas, maka kapas tersebut akan berbekas dan tampak jelas bekas sujudnya.

4. Gerakan jatuhnya badan bukan untuk selain sujud

Ketika menjatuhkan badan seusai i’tidal, maksud gerakan jatuh tersebut bukan untuk selain sujud. Misalnya dengan kasus seperti ini, ketika dalam posisi i’tidal yaitu badan lurus tegak, kemudian didorong oleh anakanya, maka gerakan jatuh tersebut bukan sujud, Untuk melakukan sujud maka harus berdiri kembali dan kemudian menjatuhkan badan dengan maksud untuk sujud.

5. Tidak bersujud diatas sesuatu yang dapat bergerak sebab gerakan orang yang shalat.

Contohnya, sujud diatas lengan baju sendiri yang lebar, maka sujudnya tidak sah. Karena Lengan baju tersebut bergerak dan bersambung kepada orang yang shalat tersebut.

6. Tubuh Bagian Bawah diangkat tingi dari anggota tubuh bagian atas

Syarat ini mengharuskan anggota badan bawah yaitu bagian pinggang harus lebih tinggi daripada bagian kepala dan kedua pundaknya, tak boleh sejajar atau bahkan lebih rendah.

Menyoal syarat ke enam ini. Imam Nawawi memberikan keringanan bagi wanita yang sedang hamil bilamana susah untuk melakukan posisi bagian pinggang lebih tinggi dari kepala dan pundak untuk melakukan gerakan sujud sebisanya.

7. Tuma’ninah

Saat melakukan sujud, maka harus melakukan tuma’ninah, yaitu sikap dimana semua anggota tubuh dalam keadaan terdiam tenang, minimal durasinya selama orang membaca tasbis subhanallah.

Bacaan Sujud Shalat

Sujud merukapan rukun fi’li, namun bacaan sujud shalat berupa tasbih dan doa ketika sujud dalam shalat merupakan sunnah hai’ah. yaitu sunnah yang tidak ada konsekuensinya bila ditinggalkan, namun sebaiknya dilakukan untuk menambah kualitas dan kesempurnaan shalat. bukan hanya melakukan yang wajib saja, namun juga melakukan yang sunnah.

Bacaan Tasbih dan Doa saat sujud
Bacaan Tasbih dan Doa saat sujud

Bacaan Sujud Shalat Bahasa Arab

ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุจู‘ููŠู’ ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ู„ูŽู‰ ูˆูŽุจูุญูŽู…ู’ุฏูู‡ู

Bacaan Sujud Salat Bahasa Indonesia (latin)

Subhรขna Rabbiyal aโ€™lรข wabihamdih

Arti Bacaan Sujud dalam Shalat

Maha Suci Tuhanku Yang Maha Luhur, dan dengan memuji pada-Nya.

Adapun bacaan tasbih diatas dibaca minimal tiga kali.

Kemudian setelah membaca tasbih juga disunnahkan membaca doa :

ุงู„ู„ู‡ู… ู„ูŽูƒูŽ ุณูŽุฌูŽุฏู’ุชู ูˆูŽู„ูŽูƒูŽ ุฃูŽุณู’ู„ูŽู…ู’ุชูŽ ูˆูŽุจููƒูŽ ุขู…ูŽู†ูŽุชู ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฑูŽุจู‘ููŠ ุณูŽุฌูŽุฏูŽ ูˆูŽุฌู’ู‡ููŠู’ ู„ูู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽู‡ู ูˆูŽุตูŽูˆู‘ูŽุฑูŽู‡ู ูˆูŽุดูŽู‚ู‘ูŽ ุณูŽู…ู’ุนูŽู‡ู ูˆูŽุจูŽุตูŽุฑูŽู‡ู ุชูŽุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ุงู„ู’ุฎูŽุงู„ูู‚ููŠู†ูŽ

Allรขhumma laka sajadtu, wa laka aslamtu, wa bika รขmantu, anta Rabbรฎ sajada wajhรฎ lilladzรฎ khalaqahu wa shawwarahu wa syaqqa samโ€™ahu wa basharahu tabรขraka-Llรขhu ahsanal khรขliqรฎn

โ€œYa Allah, pada-Mu aku bersujud, pada-Mu aku pasrah, dan pada-Mu aku beriman. Engkaulah Tuhanku. Wajahku ini sujud pada dzat yang menciptakannya, membentuknya, dan membukakan pendengaran dan penglihatan. Bertambahlah kebaikanmu Ya Allah, Sang Pencipta Terbaikโ€.

Makna sujud yang begitu dalam, dimana hamba dan Tuhannya begitu dekat. Momentum ini juga digunakan oleh rasulullah untuk beristighfar, memohon ampun kepada Allah.

Doa Sujud Shalat Memohon Ampunan

Adapun lafal bacaan istghfar ketika sujud yaitu :

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠู’ ุฐูŽู†ู’ุจููŠู’ ูƒูู„ู‘ูŽู‡ ุฏูู‚ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฌูู„ู‘ูŽู‡ ุŒ ูˆูŽุฃูŽูˆู‘ูŽู„ูŽู‡ู ูˆูŽุขุฎูุฑูŽู‡ ุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู†ููŠูŽุชูŽู‡ู ูˆูŽุณูุฑู‘ูŽู‡

Allรขhummaghfirlรฎ dzanbรฎ kullah, diqqahรป wa jullah, wa awwalahรป wa รขkhirah, wa โ€˜alรขniyatahรป wa sirrah.

Artinya, โ€œTuhanku, ampunilah aku dari segala dosa baik kecil maupun besar, awal maupun akhir, dan dosa yang terang-terangan maupun yang tersembunyi.โ€

Demikian tulisan Hijaiyyah.com pada kali ini yang membahas sujud dalam shalat. baik syaratnya serta bacaan tasbih, doa dan istighfar. Semoga bermanfaat. dan semoga shalat kita bisa lebih sempurna kualitasnya.

(Karim)