Doa Susah Tidur

Doa susah tidur cocok diamalkan bagi yang terkena gangguan tidur. Mengjengkelkan memang kalau susah tidur, terlebih lagi jika besok harinya ada kegiatan dan aktifitas,entah itu kerja, sekolah, berpergian tapi mata susah untuk tidur hingga tengah malam.

Gangguan tidur atau biasa disebut dengan insomnia memang kerap menghampiri, siapapun orangnya. Sudah memaksa tidur dengan memejamkan mata, namun kantuk belum juga menghampiri. dan akhirnya telat tidur hingga pagi dan akibatnya, telat bangun deh.

Nah, bagi sobat hijaiyyah sekalian, kali ini kita akan membahas mengenai doa susah tidur sesuai sunnah, yang diajarkan Nabi loh. Emang ada?. ada dong. Ajaran Islam itu menyeluruh, tak hanya mengajarkan hal-hal besar saja. hal kecil seperti susah tidur ini juga dibahas loh.

Karenanya, alangkah beruntungnya kita menjadi seorang muslim, namun Hijaiyyah mau tanya dulu nih, tadi ketika hendak tidur ada baca doa sebelum tidur ?. kalau belum baca, silahkan baca dulu deh. Doa tidur lengkap dengan bahasa arab, latin indonesia untuk sobat sekalian yang belum mahir mengaji, dan artinya agar sobat sekalian mengerti maksud dan tujuan doa tersebut.

Tapi kalau sudah membaca doa sebelum tidur, tapi masih susah tidur. nih simak bacaan doanya..

Bacaan Doa Susah Tidur

Doa Susah Tidur
Gambar Doa Susah Tidur

Teks doa susah tidur bahasa arab

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุบูŽุงุฑูŽุชู ุงู„ู†ู‘ูุฌููˆู…ู ูˆูŽู‡ูŽุฏูŽุฃูŽุชู ุงู„ู’ุนููŠููˆู†ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุญูŽูŠู‘ูŒ ู‚ูŽูŠู‘ููˆู…ูŒ ู„ูŽุง ุชูŽุฃู’ุฎูุฐูู‡ู ุณูู†ูŽุฉูŒ ูˆูŽู„ูŽุง ู†ูŽูˆู’ู…ูŒ ูŠูŽุง ุญูŽูŠู‘ู ูŠูŽุง ู‚ูŽูŠู‘ููˆู…ู ุฃูŽู‡ู’ุฏูุฆู’ ู„ูŽูŠู’ู„ููŠู’ ูˆูŽุฃูŽู†ูู…ู’ ุนูŽูŠู’ู†ููŠ

Bahasa Indonesia

Allaahumma ghaaratin nujuum wa hada’atil ‘uyuun, wa anta hayyun qayyuumun, laa ta’khudzuhuu sinatun wa laa naum. Yaa hayyu, ya qayyuum, ahdi’ laylii wa anim ‘aynii.

Arti Doa susah tidur

Artinya, โ€œTuhanku, bintang-bintang telah โ€˜tenggelamโ€™, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.โ€

Keutamaan & Manfaat

Adapun doa susah tidur diatas awal mulanya diajarkan oleh Rasulullah kepada sahabat penulis wahyu dan surat-surat Nabi, yaitu Zaid bin Tsabit. Sobat sekalian pasti tahu dong siapa sosok sahabat Nabi Zaid bin Tsabit tersebut, sahabat dengan kemampuan daya ingat yang kuat nan cerdas.

Pada suatu malam, Zaid bin Tsabit tidak bisa tidur, dan Ia pun mengadu kepada Rasulullah karena terjaga sepanjang malam, pikirannya gelisah dan batinnya mengembara kesana kemari.

Dan Rasulullah mengajarkan doa karena gelisah yang mengakibatkan susah tidur Sahabat Zaid bin Tsabit.

Alhasil dengan mengikuti anjuran dari Nabi, sahabat dengan mengamalkan doa susah tidur itu, sehingga Zaid bin Tsabit tak lagi menderita susah tidur, Alhamdulillah.

Doa susah tidur diatas bisa sobat temukan dalam kitab al-Adzkar karangan Ulama Besar Indonesia, Imam Nawawi al-Bantani.

Begitulah manfaat dan keutamaan doa susah tidur sesuai sunnah diatas. kita sebagai Umat Islam, harusnya bersyukur karena banyak sekali ilmpu pengetahuan yang Rasulullah wariskan kepada kita berupa Al-Quran dan Hadits.

Dan kedalaman ilmu pengetahuan tersebut kita tak bisa cerna secara langsung, melainkan dengan belajar bersama guru dan literatur Islam yang kini banyak dalam bentuk kitab-kitab. Untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan mengenai ke-Islaman. Silahkan share untuk menambah semangat kami mengudarakan Khazanah Islam didunia maya, sharing is caring.

Wallahu ‘alam bishawab.
(Nur Fauzah)