Doa Naik Kendaraan

Doa Naik Kendaraan Darat Laut dan Udara : Bahasa Arab, Indonesia dan Artinya

Naik kendaraan menjadi aktiftas sehar-hari untuk berpergian ke tempat tujuan. Terlebih lagi saat ini, dunia teknologi semakin canggih, dan produk-produk kendaraan makin banyak bertebaran. Dibanding dengan jalan kaki, naik kendaraan menjadi solusi paling efektif. Seperti kendaraan darat, mobil, kereta api dan motor. Begitu juga dengan transportasi lainnya, kapal laut dan pesawat.

Indonesia sebagai negara kepulauan, penduduknya pun salah salah satu yang terpadat didunia dan istimewanya lagi sebagai Negara dengan mayoritas pemeluk Agama Islam terbesar. Maka tak ayal, ajaran yang sepatutnya kita gunakan beralaskan ajaran islam itu sendiri, kita bisa belajar banyak hal lewat al-Quran dan Sunnah lewat kitab-kitab karangan Ulama terdahulu seperti Doa selamat dunia akhirat. Seperti halnya aktifitas berpergian mayoritas orang indonesia yang menggunakan kendaraan.

Mematuhi aturan lalu lintas dalam berkendara juga harus diperhatikan. karena tak lain dan bukan aturan laka lantas itu dibuat untuk keselamatan para pengendara dan sedikit banyaknya aturan yang dibuat negara itu ada hubungan dengan hablum minannas. yaitu hubungan sosial kepada sesama umat manusia, dimana kita tak harus mementingkan keselamatan diri sendiri, namun juga keselamatan orang lain juga dijalan raya.

Setelah persiapan mental dan fisik untuk berkendara terpenuhi, kemudian barulah kita memanjatkan doa naik kendaraan. Baik untuk berkendara pergi ke kantor, sekolah, pasar maupun perjalan jauh misalnya mudik. Adapaun doa ini sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan dan fadhilah yang didapat. berikut paparannya Hijaiyyah.com sajikan

Anjuran Berdoa Naik Kendaraan

Ajaran Islam sangat menyeluruh, tak hanya mengurus masalah ibadah, syariat, berbangsa dan bernegara saja, bahkan urusan yang kecil pun diatur.

Kita selalu dianjurkan untuk berdoa dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Mulai dari doa sebelum tidur hingga doa dalam beraktifitas lainnya, seperti doa naik kendaraan ini yang sedang kita bahas misalnya.

Manfaat dan fadhilah berdoa ketika naik kendaraan memang nyata adanya. Karena dengan berdoa kepada Allah SWT agar terhindar dari mara bahaya saat berkendara hingga selamat sampai tujuan. Bahkan, dalam satu riwayat sahabat yang senantiasa mengamalkan bacaan saat berpegian jalan kaki dan berkendara saat wafatnya, malaikat Jibril turun turut menyolatkan.

Kisah ini termaktub dalam kitab al-adzkar karangan Imam Nawawi al-Bantani pada bab zikir. Riwayat Ibnu Sinni dan al-Baihaqi mengkisahkan, bagaimana Rasullulah SAW saat berperang di suatu daerah yang bernama Tabuk diminta pulang untuk menshalatkan jenazah salah satu sahabat, yaitu Muawiyah bin Muawiyah al-Muzani di Madinah.

Malaikat Jibril As turun beserta 70.000 malaikat turut menshalatkan jenazah Muawiyah. Setelah selesai shalat jenazah, Nabi Muhammad pun bertanya kepada Jibril, Wahai Jibril, dengan amalan apa Muawiyah mendapatkan derajat begitu tinggi ini?โ€™ โ€˜Muawiyah lazim membaca Surat Al-Ikhlas saat berdiri, berkendaraan, dan berjalan kaki,โ€™ jawab Jibril.

surat-al-ikhlas

Dari riwayat kisah tersebut, dapat kita simpulkan bahwa mengamalkan bacaan zikir dan doa kita berkendara itu sangatlah dianjurkan.

Bacaan Doa Naik Kendaraan

Doa Naik Kendaraan
Gambar Doa Naik Kendaraan Lengkap

Doa Naik Kendaraan Darat Bahasa Arab

ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ู’ ุณูŽุฎู‘ูŽุฑูŽู„ูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽู…ูŽุงูƒูู†ู‘ูŽุงู„ูŽู‡ู ู…ูู‚ู’ุฑูู†ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงูู†ู‘ูŽุข ุงูู„ูŽู‰ ุฑูŽุจู‘ูู†ูŽุง ู„ูŽู…ูู†ู’ู‚ูŽู„ูุจููˆู’ู†ูŽ

Doa Naik Kendaraan Darat Bahasa Indonesia

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun

Arti Bacaan Doa Naik Kendaraan Darat

Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.

Bacaan Doa Naik Kendaraan Laut dan Udara

Adapun doa naik kendaraan kapal laut dibawah ini merupakan doanya Nabi Nuh yang diabadikan didilam kitab suci Al-Quran. Berikut ini lafal bacaannya :

Bacaan Naik Kapal Laut Bahasa Arab

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‡ู ู…ูŽุฌู’ุฑูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู…ูุฑู’ุณูŽู‡ูŽุขุงูู†ู‘ูŽ ุฑูŽุจู‘ูู‰ู’ ู„ูŽุบูŽูููˆู’ุฑูŒุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ูŒ

Bacaan Naik Kendaraan Laut Bahasa Indonesia

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Arti Lafal Doa Naik Kendaraan Laut

Artinya :
“Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Dan doa naik kendaraan udara, seperti pesawat, helikopter bisa dibaca doa darat dan laut. Tujuannya sama saja.

Mendoakan orang yang belum pandai berkendara

Kita tak hanya dianjurkan berdoa untuk diri sendiri, namun juga dianjurkan untuk berdoa kepada orang lain. Seperti mendoakan orang yang belum mahir dan percaya diri ketika naik kendaraan. Berikut doanya :

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุซูŽุจู‘ูุชู’ู‡ู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู‡ู ู‡ูŽุงุฏููŠุงู‹ ู…ูŽู‡ู’ุฏููŠู‘ู‹ุง

Allรขhumma tsabbithu, wajโ€˜alhu hรขdiyan mahdiyyan.

Artinya, โ€œTuhanku, tetapkanlah (hati)-nya dan jadikan ia pemberi petunjuk dan tetap berada dalam petunjuk.โ€

Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 275

Faedah doa tersebut adalah, semoga saja teman, kerabat atau orang lain yang belum percaya diri saat menaiki kendaraan agar dapat menguasai kendaraan yang sedang di tumpanginya dan tentu saja selamat.

Demikian pembahasan kita pada kali ini mengenai doa naik kendaraan. Semoga saja kalian yang hendak melakukan perjalanan dekat maupun jauh selalu dilindungi oleh Allah SWT dan selamat sampai tujuan.

(Putri)