Doa Keluar Rumah

Doa keluar rumah dianjurkan untuk dibaca oleh setiap muslim, saat keluar rumah untuk bekerja mencari rezeki, dengan menaiki kendaraan ataupun tujuan lainnya.

Fadhilahnya, dengan membaca doa keluar rumah yang benar dan sesuai sunnah semoga Allah akan menjaga kita dari segala macam bahaya, karena tiada daya dan upaya terkecuali hanya milik Allah SWT.

Ketika ada aktifitas diluar rumah, mulai anak kecil tk hingga orang dewasa, ingatlah doa saat keluar rumah ini agar selalu dibaca. Sebagai hamba, sudah sepatutnya untuk menyerahkan segalanya kepada Sang Maha Kuasa.

Jika kita mengawali hari dengan baik, yaitu saat keluar rumah dengan berdoa, InsyaAllah hasil dan keinginan dihari itu nantinya akan baik juga.

Bacaan Doa Keluar Rumah

Doa Keluar Rumah
Gambar Doa Keluar Rumah

Arab

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Latin Bahasa Indonesia

Bismillâhitawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm

Terjemahan Arti Doa Keluar Rumah

“Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.”

Doa diatas cukup pendek dan mudah untuk dihafalkan dan diajarkan untuk anak-anak usia dini, anak paud dan TK misalnya.

Keutamaan doa tersebut ialah, Nabi Muhammad dalam suatu riwayat menyebutkan Allah akan melepaskan orang dari 70 pintu bala dan kesusahan ketika mengucapkan Bismillah dan La Haulaa walaa quwwaata illaa billahil aliyyil adziim.

Keutamaan lainya adalah setiap memulai sesuatu amalan baik itu perkataan maupun perbuatan dengan bismillah, maka amalan tersebut tidak terputus.

Doa keluar rumah versi lain yang lebih panjang berikut ini :

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَليَّ

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi, allâhumma innî a‘ûdzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya

Artinya : “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalim atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi.”

(Lihat: Muhyiddin Abi Zakariya Yahya ibn Syaraf an-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Al-Hidayah, Surabaya)

Doa Keluar Rumah untuk bekerja dan mencari rizki

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Latin Bahasa Indonesia

Bismillâhi ‘ala nafsî wa mâlî wa dînî. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Arti

“Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan.”

Saat keluar rumah untuk pergi kerja dan mencari rezeki, sangat dianjurkan untuk membaca doa diatas. Supaya harapan dan kemantapan hati tercipta saat berkerja.

Ketumaan doa islam tersebut ialah, saat rezeki sedang susah, semoga Allah membukakan pintu-pintu rezeki diluar rumah. Yang paling penting ialah selamat dari mara bahaya.

Sesudah membaca doa-doa keluar rumah diatas, kita juga dianjurkan untuk membaca doa berkendara.

Demikian pembahasan kita pada kali ini, semoga bermanfaat. Silahkan share ke sosial media Anda sekalian, untuk berbagi kebaikan. Karena share itu gratis, dan Anda mendapatkan manfaat kebaikan dari membagikan kebaikan.

(Karim)