Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Inilah Doa Sebelum dan Sesudah Belajar dengan bacaan Bahasa Arab, Indonesia dan Latin, Agar belajar jadi lebih Mudah Paham dan cepat Hafal

Belajar Menuntut Ilmu

Belajar dituntut untuk semua manusia, didalam Islam menuntut ilmu merupkan suatu keharusan. Karena tiada artinya menjadi manusia tanpa belajar.

Rasululloh sendiri mendawuhkan kepada umatnya agar menuntut ilmu dari buaian hingga ke liang lahad. Sedemikian pentingnya ilmu. Namun tak sebatas mencari ilmu saja.

Mengamalkan ilmu juga lebih penting, karena ilmu tanpa amal, itu sama saja seperti pohon tanpa buah.

Dalam menuntut ilmu, pastilah ada berbagai macam rintangan dan cobaan, mulai dari diri sendiri, penyakit menuntut ilmu itu malas, karenanya tak hanya usaha saja dalam menuntut ilmu yang perlu diperhatikan, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran sangatlah dianjurkan.

Motivasi dalam menuntut ilmu haruslah terus membara, tak peduli apapun rintangannya. buang jauh rasa malas dan senantiasa menghormati guru.

Kalau bekal uang dalam menuntut ilmu yang membuat malas, perhatikanlah, sebarapa jauh Engkau bisa melangkah, namun jika dengan ilmu lautan dan daratan luas akan mudah engkau tempuh.

Karena dalam Islam, derajat orang yang memiliki ilmu ditinggikan, bahkan lebih tinggi dari ahli ibadah yang sedikit ilmunya.

Meski tak disangkal, dalam menuntut ilmu baik di sekolah, pesantren, pengajian ataupun belajar sendiri dengan membaca berbagai literatur ilmu pengetahuan memerlukan ikhtiar yang sungguh-sungguh dan banyak rintangan.

Untuk itu, agar mudah dalam proses belajar, berikut ini Hijaiyyah rangkum dDoa Sebelum dan Sesudah Belajar Agar Mudah Paham dan Hafal dari berbagai sumber. yuk simak :

Kumpulan Doa Belajar Arab Latin dan Artinya

Ada beragam bacaan doa sebelum belajar, yang memiliki keutamaan dan tujuan yang sama, yaitu agar dimudahkan dalam proses belajar, serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Berikut ini doa yang umum kita dengar :

Bacaan Doa Sebelum Belajar Rabbi Zidni โ€˜Ilman

Bacaan Doa Sebelum Belajar Rabbi Zidni โ€˜Ilman

ุฑูŽุจูู‘ ุฒูุฏู’ู†ููŠ ุนูู„ู’ู…ู‹ุงย  ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ููŠ ููŽู‡ู’ู…ู‹ุง ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ููŠ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุตูŽู‘ุงู„ูุญููŠู’ู†ูŽ

Robbi zidnii โ€˜ilmaa, warzuqnii fahman, waj โ€˜alnii minash sholihiin

Artinya: Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu. Berilah aku karunia agar dapat memahaminya. Dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang shalih.

Keutamaan

Doa Robbii Zidnii โ€˜ilman diatas bersumber dari al-Quran surat Thaha ayat 114, (ุฑูŽุจูู‘ ุฒูุฏู’ู†ููŠ ุนูู„ู’ู…ู‹ุง) dengan penambahan warzuqnii fahman waj โ€˜alnii minash shoolihin, yang memiliki keutamaan yaitu agar dalam belajar lebih paham serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan ilmu tersebut membawa kita termasuk dalam orang-orang shalih.

Bacaan Doa Sebelum Belajar Rodhittu billahirobba

Bacaan Doa Sebelum Belajar Rodhittu billahirobba

ุฑูŽุถูุชู ุจูุงุงู„ู„ู‡ู ุฑูŽุจูŽุง ูˆูŽุจูุงู„ู’ุงูุณู’ู„ุงูŽู…ู ุฏููŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽุจูู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ู†ูŽุจููŠูŽุง ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ุงูŽ ุฑูŽุจูู‘ ุฒูุฏู’ ู†ููŠู’ ุนูู„ู’ู…ู‹ู€ุงูˆูŽุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูู€ูŠู’ ููŽู‡ู’ู…ู‹ู€ุง

Rodhiitu billahi robbaa, wabil islaamidiinaa, wa bimuhammadin nabiyyaw warasuulaa, robbi zidnii โ€˜ilmaa warzuqnii fahman.

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

Keutamaan

Ridho secara defenisi yaitu โ€œmerasa cukup dan puas dengannya, serta tak mengingikan selainnyaโ€.

Dan kemulyaan bagi orang yang Ridho kepada Allah sebagai Tuhannya, Islam sebagai agamanya dan Nabi Muhammad sebagai Nabinya adalah mendapatkan kemanisan dan lezatnya Iman dalan hatinya. Dengan demkian setelah Ridha, semoga diberikan pemahan dan bertambahnya ilmu.

Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Mengaji Agar Cepat Paham

Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Mengaji Agar Cepat Paham

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ููŽู‡ู’ู…ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ูŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุญููู’ุธูŽ ุงู’ู„ู…ูŽุฑู’ุณูŽู„ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุฅูู„ู’ู‡ูŽุงู…ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูู‚ูŽุฑูŽู‘ุจููŠู’ู†ูŽุŒ ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ูŠูŽุงุฃูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุงุญูู…ููŠู’ู†ูŽ

Allahummarzuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhzal mursaliina wa ilhaamal malaaikatil muqarrabiin birahmatika yaa arhamar raahimiina

Artinya: โ€œYa Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih.โ€

Keutamaan

Ikhtiar agar paham ilmu yang sedang dipelajari haruslah sungguh-sungguh. Paham ilmu itu pada hakikatnya merupakan anugerah dari Allah SWT, agar mendapat anugerah tersebut bisa dengan memanjatkan doa.

sebagaimana doa diatas yang bermakna memohon anugerah pemahaman seperti halnya pemahan ilmunya para Nabi, anugerah menghapal seperti hapalan ilmua para rasululloh dan mendapatkan ilham dari ilmu yang dituntut seperti ilhamnya para Malaikat yang dekat kepada Allah.

Doa tersebut bersumber dari kitab Majmuโ€™aah Maqruuat Yaumiyyah wa Usbuu โ€˜Iyyah karangan KH Muhammad bin Abdullah Faqih. Dikutip dari situs NU Online, doa ini dianjurkan dibaca sebelum belajar ataupun mengaji oleh KH Ali Maโ€™shum Lasem yang kemudian diijazahkan oleh KH Abdullah Faqih pengasuh Ponpes Langitan.

Lafal bacaan doa agar mudah paham dalam belajar diatas bisa disambung dengan bacaan doa berikut ini :

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽุบู’ู†ูู†ููŠ ุจุงูู„ู’ุนูู„ู’ู…ูุŒ ูˆูŽุฒูŽูŠูู‘ู†ูู‘ูŠู’ ุจูุงู„ู’ุญูู„ู’ู…ูุŒ ูˆูŽุฃูŽูƒู’ุฑูู…ู’ู†ููŠู’ ุจูุงู„ุชูŽู‘ู‚ู’ูˆูŽู‰ุŒ ูˆูŽุฌูŽู…ูู‘ู„ู’ู†ููŠู’ ุจูุงู„ู’ุนูŽุงูููŠูŽุฉูุŒ ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ูŠูŽุงุฃูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุงุญูู…ููŠู’ู†ูŽ

Allaahumma aghninii bil โ€˜ilmi, wazayyinnii bil hilmi wa akrimnii bit taqwaa, wa jammilnii bil โ€˜aafiyah, birahmatika yaa arhamar raahimรฎn

Artinya: โ€œYa Allah, limpahi aku dengan ilmu, hiasi diriku dengan kesantunan, muliakan aku dengan takwa, dan perindah diriku dengan kesehatan, sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih.โ€

Dengan kutamaan doa tersebut yaitu agar sifat penuntut ilmu menjadi pribadi yang santun, mulia karena bertaqwa dan selalu dianugerahi kesehatan dalam menuntut ilmu.

Bacaan Doa Sebelum Belajar Agar Cepat Hafal

Bacaan Doa Sebelum Belajar Agar Cepat Hafal

Keutamaan

Dalam proses belajar kita senantiasa tak dituntut hanya untuk paham saja. Namun menghafal juga dianjurkan. Dengan doa diatas, yang bermakna meminta anugerah pemahan, ilmu, kebijaksanaan dan akal semoga dalan proses belajar menjadi lebih maksimal dan menjadi cepat hafal.

Bacaan Doa Sebelum Ujian

Dalam proses belajar, baik itu siswa, santri maupun mahasiswa sekalipun pastinya menghadapi yang namanya ujian. Yaitu kegiatan evaluasi sejauh mana pemahaman ilmu yang telah diajar oleh guru. Karenanya, untuk memaksimalkan menjawab soal setelah belajar semalam suntuk, diajurkan untuk membaca doa berikut sebelum ujian :

ุฑูŽุจูู‘ ูŠูŽุณูู‘ุฑู’ ูˆูŽุฃูŽุนูู†ู’ ูˆูŽู„ูŽุง ุชูุนูŽุณูู‘ุฑู’

Rabbi yassir wa aโ€˜in wa lรข tuโ€˜assir Artinya,

(Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

Artinya : โ€œWahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,โ€

Doa sesudah Belajar Bahasa Arab, Indonesia dan Artinya

Setelah belajar, jangan langsung tergesa-gesa mengakhirinya. Belajar meupakan aktifitas yang mulia dan dinilai ibadah, setelah memulainya dengan kebaikan, yaitu berdoa menyebut nama Allah serta memohon dianugerahi pemahaman ilmu, selanjutnya apabila sudah selesai belajar, dianjurkan untuk membaca doa pula. Berikut ini kumpulan doa sesudah belajar :

Bacaan Doa Sesudah Belajar Allahumma Arinal Haqqo Haqqon

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽู‚ูŽู‘ ุญูŽู‚ู‹ู‘ุง ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุชูู‘ู€ุจูŽุงุนูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ูŽ ุจูŽุงุทูู„ุงู‹ ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุฌู’ุชูู†ูŽุงุจูŽู‡ู

Allahumma Arinal Haqqo Haqqon, Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baathilaw Warzuqnaj tinaabahu

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”

Dengan membaca doa sesudah belajar diatas, semoga dengan belajar ilmu pengetahuan yang telah dilalui dapat menjadikan petunjuk kebenaran. Dengan ilmu sebagai petunjuk kebenaran itu kita dapat mengikutinya untuk menjauhi segala macam jenis keburukan. Berkat ilmu yang dipelajari.

Bacaan Doa Sesudah Belajar Allahumma inni istauwiโ€™uka

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุงูู†ูู‘ู‰ ุงูุณู’ุชูŽูˆู’ุฏูุนููƒูŽ ู…ูŽุงุนูŽู„ูŽู‘ู…ู’ุชูŽู†ููŠู’ู‡ู ููŽุงุฑู’ุฏูุฏู’ู‡ู ุงูู„ูŽู‰ูŽู‘ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุญูŽุงุฌูŽุชูู‰ู’ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽู†ู’ุณูŽู†ููŠู’ู‡ู ูŠูŽุงุฑูŽุจูŽู‘ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ูŽ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

Doa tersebut ialah memohon agar apa yang telah dipelajari, yaitu ilmu pengetahuan yang didapatkan agar tidak mudah lupa, dan ilmu tersebut dijaga oleh Allah, sehingga suatu saat ilmu itu dibutuhkan, kita dapat mengamalkannya.

Demikianlah, ulasan kita mengenai doa sebelum dan sesudah belajar. Semoga bermanfaat. SIlahkan share agar proses belajar kita semakin maksimal dengan doa Islam.

(Karim)